Kontak

Kontak

Kritik & Saran

5 Pantai Eksotis di Malang Selatan Yang Memukau

Selamat Sore Kali ini Larasati Pariwisata akan menuju destinasi wisata di kota Malang, Malang adalah Bandung nya Jawa Timur. Sama-sama dingin, sama-sama punya anak-anak muda yang kreatif. Namun, Malang tetaplah Malang. Bukan Bandung.

Lagipula, keduanya punya satu perbedaan mendasar perihal topografi wilayah. Malang punya pantai, sedangkan Bandung tidak. Pantai-pantai yang ada di Malang berada di wilayah bagian selatan yang notabene berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Di Jawa Timur, Malang merupakan salah satu daerah yang memiliki jumlah pantai paling banyak. Ada lebih dari dua puluh pantai di wilayah Malang bagian selatan yang semuanya memiliki pesona yang memikat. Dari sekian banyak pantai tersebut adalah 5 pantai yang keindahannya benar-benar membuat kita malas pulang. Berikut ini adalah kelima pantai tersebut

 

1. Pantai Goa Cina

Foto: http://malangonline.com/

Foto: http://malangonline.com/

Pantai ini berada di jalur lintas selatan Malang, tepatnya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Sesampainya di Pantai Goa Cina, kamu akan menemukan 3 pulau karang yang ada di depan bibir Pantai Goa Cina, yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Nama Goa Cina menurut penduduk setempat berasal dari sebuah tragedi pada jaman dahulu yang menyebabkan seorang warga kebangsaan Cina yang mati kala bertapa di pulau ini, maka dari itu pantai ini dikenal dengan nama Pantai Goa Cina.

Walaupun ombaknya besar, air di pantai ini sangat bening dan memiliki pasir putih yang cantik. Pantai ini sering dijadikan destinasi camping karena memilki sunset yang indah. Di pinggiran pantai juga terdapat warung makanan milik penduduk dimana kamu bisa mengisi perut sambil menikmati keindahan pantai. Jika ingin merasakan sensasi berbeda, kamu bisa naik ke bukit karang di sebelah barat, disana kamu akan melihat gugusan pulau karang dari atas yang sangat eksotis.

 

2. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu

Foto: www.malangkab.go.id

Foto: www.malangkab.go.id

Masih satu jalur dengan pantai Goa Cina, Pantai Sendang Biru terkenal dengan airnya yang sangat biru dan ombak yang tidak begitu besar, sehingga dijadikan tempat sandar perahu oleh nelayan sekaligus tempat pelelangan ikan. Untuk menikmati keindahan pantai ini berjalanlah di sisi barat yang mana terdapat tebing dan batu yang besar yang membuat pantai ini terlihat eksotis ketika matahari terbenam.

Jika kamu berjiwa petualang, kamu bisa mengunjungi Pulau Sempu yang berada di seberang Pantai Sendang Biru dengan menyewa perahu nelayan. Di dalam pulau yang merupakan wilayah konservasi ini terdapat Segara Anakan, pantai tersembunyi yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi dengan tebing karang. Untuk mencapai pantai tersembunyi yang sangat indah ini, kamu harus trekking sekitar 2 jam, maka dari itu perlu persiapan fisik ekstra jika hendak mengunjunginya. Karena merupakan wilayah konservasi, untuk masuk Pulau Sempu kamu harus mengurus izin terlebih dahulu di Pantai Sendang Biru, disana juga ada guide yang siap mengantarmu.

 

3. Pantai Tiga Warna

Foto: www.wisatawan.id

Foto: www.wisatawan.id

Pantai yang berlokasi di Desa Tambakrejo ini terletak bersebelahan dengan pantai Sendang Biru. Pantai ini dinamakan Tiga Warna karena air lautnya yang mampu menampilkan gradasi tiga warna berbeda akibat kedalaman air yang bervariasi. Selain berenang dan bermain di pasir putihnya yang cantik, kamu juga bisa snorkeling disini dengan menyewa perlatan snorkeling pada pengelola. Sama halnya dengan Pulau Sempu, Pantai Tiga Warna merupakan kawasan konservasi sehingga jumlah pengunjungnya dibatasi agar kebersihan dan kelestarian pantai ini tetap terjaga.

Untuk mengunjungi pantai ini kamu bisa reservasi terlebih dahulu melalui Facebook Pengelola (Bhakti Alam Sendangbiru) atau menghubungi nomor 0813-333-9889. Maksimal jumlah tiap kelompok adalah 10 orang dan diwajibkan menyewa jasa tour guide yang tersedia di sana dengan biaya Rp 75.000 per kelompok. Saat kesini kamu wajib menjaga kebersihan pantai, sampah-sampah yang kamu hasilkan harus dibawa ke posko informasi saat beranjak pulang.

 

4. Pantai Balekambang

Foto: www.yellow-up-yourlife.blogspot.com

Foto: www.yellow-up-yourlife.blogspot.com

Pantai Balekambang yang terletak di Kecamatan Bantur merupakan salah satu pantai terkenal di Malang. Pantai cantik ini juga dikenal sebagai Tanah Lot nya Jawa Timur karena terdapat sebuah pura yang berdiri megah di sebuah pulau karang. Pulau tersebut bernama Ismoyo yang bisa kamu capai melalui jembatan yang ada di pantai ini. Di pura tersebut sering diadakan acara ritual Suroan yaitu perayaan untuk menyambut satu Suro dan Jalanidha Puja yaitu bagian dari ritual perayaan Nyepi. Tak ayal, keunikan ini mengundang kedatangan banyak wisatawan untuk menyaksikan upacara ritual yang diadakan setiap tahun. Yang tak boleh dilewatkan adalah momen sunsetnya yang cantik dengan dilatari keindahan Pura yang eksotis.

Waktu sehari rasanya tak cukup untuk menjelajahi pantai-pantai tersebut, kamu bisa beristirahat terlebih dahulu di hotel dengan fasilitas nyaman di kota Malang, salah satunya di Savana Hotel Malang. Untuk menghilangkan rasa lelah dan kulit yang terbakar sehabis panas-panasan di pantai, kamu bisa memanjakan kulitmu dengan mencoba fasilitas Spa yang ada di Savana Hotel Malang ini. Jika ingin mencari hotel lainnya di kota Malang.

 

5. Pantai Bajul Mati

Foto: www.piknikasik.com

Foto: www.piknikasik.com

Yang terakhir dan tidak kalah eksotis ada Pantai Bajul Mati yang letaknya tidak jauh dari Pantai Goa Cina. Nama Bajul Mati dalam bahasa Jawa berarti buaya yang mati. Nama ini diberikan karena di sekitar pantai terdapat gugusan-gugusan bukit yang memanjang mirip buaya mati, maka pantai ini kemudian disebut Pantai Bajul Mati.

Uniknya, sebelum memasuki pantai ini kamu akan melewati jembatan gantung yang berbentuk melengkung. Jembatan yang melintasi muara sungai ini menjadi eksotisme tersendiri yang membedakannya dengan pantai-pantai lain. Panorama di pantai ini juga sangat cantik karena berhias pasir putih dilatarbelakangi hijaunya perbukitan.