Kontak

Kontak

Kritik & Saran

Puncak Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Selamat Sore, Kali ini Larasati Pariwisata akan berbagi tempat wisata yang berhubungan dengan olahraga udara ... Bagi anda yang hobi dengan Olahraga dengan Olahraga cocok sekali untuk dijadikan refrensi wisata bersama teman dan keluarga ...
Langsung aja . . .

Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, sudah lama popular sebagai daerah tujuan wisata yang menyuguhkan lansekap pegunungan disertai kebun teh dengan hawa sejuk. Rupanya di sana juga ada cara lain untuk menikmati keindahan alamnyayaitu dengan aktivitas paralayang yang dapat membawa Anda terbang ribuan kaki di atas hijaunya kawasan Puncak.

Paralayang,
adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Induk organisasinya adalah PLGI (Persatuan Layang Gantung Indonsia), sedangkan PLGI sendiri dibawah naungan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia)

Olahraga paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan parasut ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh. Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya semata-mata memanfaatkan angin.

Anda yang belum memiliki peralatan maupun lisensi paralayang tidak perlu khawatir, ada banyak operator parayalang dengan instruktur atau pilot berpengalaman yang siap membawa Anda melihat bentang alam puncak. Penerbangan bersama instruktur disebut dengan tandem. Karena parasut yang digunakan cukup lebar yakni sekira 10 meter, seorang instruktur dan penumpang dapat terbang bersama sekaligus. Posisi instruktur berada di belakang dan penumpang ditempatkan di depan. Instruktur paralayang di Puncak juga kerap disebut paraboy. Mereka merupakan penerbang-penerbang paralayang yang tangguh, banyak diantaranya yang sering memenangkan kejuaran nasional paralayang.

Saat hendak terbang, ada formulir yang harus diisi. Anda pun diwajibkan menggunakan pelindung diri yang disebut harness, helm, juga sepatu agar pendaratan di atas tanah lebih aman. Disarankan untuk menggunakan celana panjang karena udara yang dingin dan demi keselamatan Anda saat mendarat.

Nikmatilah 10-15 menit berayun-ayun di atas udara sambil melihat cantiknya perbukitan dan tebing. Biasanya ketinggian yang diberlakukan untuk penumpang adalah sekira 1.500-1.900 kaki namun atlet paralayang profesional mampu terbang hingga 3000 kaki dan bahkan beralih dari satu pegunungan ke pegunungan lain. Saat di udara, Anda dapat berkomunikasi seperti biasa dengan instruktur, bahkan mengambil gambardari ketinggian(aerial) dilatari kawasan hijau Puncak.

Nah itu dia wisata sekaligus olahraga udara yang bisa anda jadikan refrensi wisata bersama sahabat dan keluarga tercinta ...

Jadikan Larasati Pariwisata sebagai partner perjalanan wisata anda..

Sampai Jumpa Di Postingan Selanjutnya ..