Berwisata lebih menyenangkan bersama Larasati Pariwisata



Wae Rebo, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Posted By Admin    on 2015-11-01

Satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi ketika anda sedang berlibur di Flores adalah Desa Wae Rebo. Ada berbagai macam keunikan dari destinasi wisata satu ini, salah satunya adalah bahwa desa ini berada di Pegunungan Flores dan hanya ada satu desa saja di tempat ini. Memang sebenarnya ada desa lain di sekitar pegunungan, akan tetapi letaknya di kaki gunung dan untuk mencapai desa tetangga dari Desa Wae Rebo ini dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 4 jam dengan berjalan kaki. Ya, tidak kebayang kan berjalan kaki hingga 4 jam hanya untuk pergi ke desa tetangga. Itulah salah satu keunikan Desa Wae Rebo di Flores ini.

Keunikan yang lain dari desa ini adalah terdapat pada bentuk bangunan rumahnya. Bangunan rumah di Desa Wae Rebo semua berbentuk kerucut dengan pintu masuk berbentuk setengah lingkaran. Rumah adat penduduk Desa Wae Rebo menyebutnya dengan Mbaru Niang. Diameter rumah bisa mencapai 11 hingga 15 meter. Rumah ini cukup besar dan luas, bahkan mampu menampung 6 sampai 8 keluarga di dalamnya. Inilah salah satu contoh bentuk kerukunan masyarakat yang bisa dicontoh, satu rumah bisa diisi sampai 8 keluarga.

Menurut kepercayaan penduduk bahwa mereka tidak boleh membangun lagi rumah baru di desa ini. Mbaru Niang hanya boleh berdiri 7 buah untuk selamanya. Kalaupun ada pertambahan jumlah keluarga dan ketujuh rumah tersebut sudah tidak mampu menampung lagi, maka penduduk bisa membangun rumah di sekeliling Desa Wae Rebo atau bisa juga meninggalkan desa dan membangun rumah di kaki gunung bersama desa tetangga. Dengan syarat, bangunan rumah baru di sekitar desa Wae Rebo atau desa lain tersebut juga tidak boleh sama bentuknya dengan Mbaru 

 

  

 

Kontak

Kontak

Kritik & Saran