Kontak

Kontak

Kritik & Saran

Wisata Papua - Lembah Baliem

Lembah Baliem, Papua, Indonesia.
Lembah Baliem berada di ketinggian 1600 meter dari permukaan laut yang dikelilingi pegunungan dengan pemandangannya yang indah dan masih alami. Lembah ini dikenal juga sebagai Grand Baliem Valley merupakan tempat tinggal suku Dani yang terletak di Desa Wosilimo, 27 km dari Wamimena, Papua.

Lembah Baliem pertama kali ditemukan pada tahun 1938 oleh ahli zoologi Amerika Richard Archbold. Selama penerbangan di atas hutan lebat yang tak tertembus di wilayah Papua, secara kebetulan ia melihat budidaya lembah pertanian di dataran tinggi Papua yang dikelilingi oleh pegunungan tinggi sampai 4500 meter. Hingga pada tahun 1954, misionaris pertama tiba dengan parasut ke lembah ini. Sampai saat ini, beberapa permukiman dari suku Korowai masih mempertahankan sepenuhnya kehidupan terasing mereka.

Lembah Baliem yang terletak di Papua tengah, tepatnya di wilayah Jayawijaya dan merupakan tujuan turis paling utama di Papua. Keindahan alamnya berpadu dengan penduduknya yang hidup sederhana dengan alam. Suku yang disebut sebagai suku asli peradaban jaman batu ini merupakan salah satu dari peninggalan peradaban tertua yang masih bertahan, lepas dari kondisi yang berat dan kemajuan teknologi di era modernisasi sekarang ini.

Satu hal yang membuat Lembah Baliem terkenal adalah diselenggarakannya Festival Budaya Lembah Baliem, atau yang lebih dikenal dengan nama Festival Lembah Baliem. Festival Lembah Baliem awalnya merupakan acara perang antar suku Dani, Lani, dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Sebuah festival yang menjadi ajang adu kekuatan antarsuku dan telah berlangsung turun temurun namun tentunya aman untuk Anda nikmati.